PLN Selesaikan Kelistrikan Palu Akibat Gangguan Transmisi

PT PLN (Persero) tak tinggal diam dan menuntaskan sistem kelistrikan di Kota Palu, Sulawesi Tengah dan sekitarnya.-Foto: Antara-
Palu, Disway.id - Sebagian besar wilayah Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng), mengalami pemadaman listrikn pada Minggu 11 Mei 2025 malam. Pemadaman listrik itu diakibatkan oleh gangguan transmisi kelistrikan.
Gangguan itu diakibatkan masalah sistem transmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kiloVolt (kV) yang menghubungkan Gardu Induk Lopana Amurang dan Gardu Induk Teling Gas Insulated Switchgear (GIS). PT PLN (Persero) tak tinggal diam dan menuntaskan sistem kelistrikan di Kota Palu, Sulawesi Tengah dan sekitarnya.
"Sudah tertangani dengan baik, langkah ini berkat koordinasi yang intensif dengan pihak-pihak terkait secara cepat melakukan pemulihan dari pemadaman setelah gangguan yang meluas," kata Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Plau Yanuar di Palu, Senin (12/5/2025).
Yanuar menuturkan, pemadaman listrik yang melanda sebagian besar wilayah Sulteng disebabkan gangguan pada sistem transmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kiloVolt (kV) yang menghubungkan Gardu Induk Lopana Amurang dan Gardu Induk Teling Gas Insulated Switchgear (GIS).
Atas peristiwa itu, PLN langsung mengambil langkah cepat saat pasokan listrik terhenti dan terus bersiaga pasca aliran listrik kembali pulih. PLN mengerahkan seluruh sumber daya baik personel maupun peralatan untuk mempercepat proses normalisasi.
Normalisasi dilakukan secara bertahap dan terkoordinasi bersama unit-unit terkait guna memastikan sistem kembali stabil, yang mana pada Senin (12/5/2025) sekitar pukul 02.41 Wita PLN memastikan pasokan listrik telah kembali normal.
"Kami berterima kasih terhadap para pihak yang turut bekerja memulihkan sepenuhnya pasokan listrik. Terima kasih atas pengertian masyarakat selama proses pemulihan. Seluruh personel tetap siaga menjaga keandalan pasokan listrik, khususnya di fasilitas vital seperti rumah sakit, kantor pemerintahan, dan infrastruktur pelayanan publik," terangnya.
General Manager PLN Unit Induk Distribusi Suluttenggo Atmoko Basuki yang mengapresiasi kolaborasi lintas unit dan dukungan masyarakat. Maka itu, kata dia, pihaknya akan terus berkomitmen memberikan pelayanan yang maksimal.
“Kami menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah, masyarakat, dan semua pihak yang telah mendukung dalam proses pemulihan ini. PLN akan terus berkomitmen memberikan layanan kelistrikan yang andal dan berkelanjutan bagi masyarakat,” kata dia menegaskan.
Dia menuturkan, saat ini seluruh gardu induk, gardu distribusi hingga 558.292 pelanggan di wilayah Palu dan sekitarnya telah mendapatkan kembali pasokan listrik secara normal.
"Gangguan ini di luar kendali kami. Hingga kini 12 dari 31 gardu induk yang terdampak telah berhasil dipulihkan, sekali lagi kami memohon maaf ketidaknyamanan pelanggan kami," katanya.
Sumber: